Perkembangan teknologi dapat membuat kebutuhan akan suatu sistem penyimpanan data yang baik juga mengalami peningkatan. Oleh karena itu banyak perusahaan menggunakan DBMS atau Database Management System untuk mengelola data-data yang ada.

DBMS yang baik tidak hanya mempunyai fungsi-fungsi seperti menyimpan, menampilkan dan memanipulasi serta fitur backup dan restore tetapi juga harus mempunyai tingkat sekuritas yang memadai. Dan jika kita membahas tentang sekuritas maka yang akan keluar adalah CIA (Confidentiality, integrity, Availibility).Konsep CIA ini sudah mewakili tiga prinsip fundamental dari keamanan informasi. Semua yang berhubungan dengan keamanan data maka akan mengacu pada CIA Dalam pembahasan ini, topik yang akan diulas adalah mengenai DBMS dan sekuritasnya. Bagaimana suatu data dikelompokkan lalu apa saja yang menjadi kebijakan keamanannya.

Jika kita berbicara mengenai kebijakan keamanan maka tentu dibahas pula mengenai standar-standar yang digunakan, apa saja yang menjadi pedoman lalu bagaimana prosedur-prosedur tersebut dilaksanakan. Kemudian dilakukan manajemen resiko untuk mengetahui tingkat ancaman-ancaman yang ada atau yang kemungkinan dapat timbul dikemudian hari.

 

Untuk lebih lengkapnya dapat diunduh disini