1.                   PENDAHULUAN

 

 

1.1  Latar Belakang

Dunia bisnis telah berinovasi sedemikian rupa, dimana setiap perusahaan maupun entrepreneur dituntut untuk terus berkembang dengan system IT yang selalu bergerak. Terdapat banyak sekali barrier yang mucul pada system bisnis yang masih konservatif, kendala-kendala tersebut antara lain adalah:

  • Lemah dalam kewirausahaan dan manajerial
  • Keterbatasan keuangan
  • Ketidak mampuan aspek pasar
  • Keterbatasan pengetahuan produksi dan teknologi
  • Keterbatasan informasi
  • Tidak didukung oleh kebijakan dan regulasi yang memadai

Hal ini terdapat dalam lingkup ruang bisnis yang konservatif, dimana pedagang dan membeli memerlukan tempat yang representative untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. Padahal telah begitu banyak teknologi yang berkembang dapat menciptakan efisiensi dan efektif antara pedagang, pembeli, penjual, hingga pada tahapan supplier dan distributor.

Dengan teknologi internet, perusahaan dapat membangun jaringan pemasaran yang lebih luas. Barang dan jasa yang diinginkan dapat diperoleh dengan membuka situs-situs yang ada di internet. Kesulitan yang dialami oleh pengusaha seperti waktu, tenaga kerja, perijinan dan keamanan dapat diantisipasi seminim mungkin.

 

1.2  Tujuan

Tujuan dari paper ini adalah untuk memberikan pemahaman maupun gambaran kepada mahasiswa mengenai E-Bisnis serta aplikasinya perusahaan yang ada di Indonesia.

 

Selanjutnya makalah ini dapat dilihat disini (PDF) atau disini (WORD)