BAB II Pemasaran dan Nilai Pelanggan (Chapter 2 Marketing and Customer Value)

Summarized by Muhammad Fauzanul Hakim and Jodi Perdana Kala

(Graduate Program of Management and Business Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)

Based onĀ Ujang Sumarwan, et al (2010)

Pemasaran Strategik: Perspektif Value-Based Marketing & Pengukuran Kinerja


Pemasaran dan nilai pelanggan membahas konsep nilai pelanggan dan menjelaskan bagaimana nilai pelanggan tersebut. Pemasaran adalah memahami berbagai kebutuhan para pelanggan dan membangun sebuah proposisi untuk menawarkan nilai yang superior. Melalui penyediaan nilai pelanggan yang lebih tinggi maka manajemen dapat memberikan dan menghasilkan nilai yang lebih tinggi pula kepada para pemegang saham. Nilai Pelanggan berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan yang pada akhirnya memutuskan pembelian produk dan memberikan tren bagi perusahaan. Bab 2 juga menguraikan bagaimana kaitan antara nilai pelanggan dan keunggulan differensiasi, dan terakhir bab ini membahas beberapa anilisis yang sering dipakai untuk menghitung nilai pelanggan.